Beranda > Seputar Komputer Dan Laptop > Perbedaan Prosessor AMD Dan Intel

Perbedaan Prosessor AMD Dan Intel


Jika motherboard dalah jantung dari sistem anda, Central processing unit (CPU atau Processor) adalah otaknya. Memilih salah satunya saat ini adalah sangat rumit dibanding dulu. Saya ingat pada era 90 an ketika hanya 2 atau 3 clock speed dan hanya satu model yang dapat dipilih. Sekarang hanya ada dua pesaing yang tertinggal dipasaran, dan nyaris dengan ratusan processor yang berbeda (ketika anda mempertimbangkan model dan speed) sedikit pusing untuk menjabarkannya. Saya akan mengcover hal yang dasar pada artikel ini.

Apa namanya?

Intel dan AMD membuat processor yang mempunyai kelas yang sama, kurang lebih seperti pabrikan mobil.AMD lebih murah dari Intel, walaupun intel mempunyai pangsa pasar yang lebih besar.Hal yang tercepat untuk menilai processor adalah dari clock speednya. Ini dapat dijelaskan dengan sederhana dari operasi yang dapat dihandle perdetiknya (sebuah unit yang diketahui sebagai Hertz, ata Hz). Untuk jelasnya , 3.0 Ghz dapat menghandle 3 milliar operasi perdetik. Tentu saja, speed bukanlah satu-satunya spesifikasi. Cache onboard dan jenis socket adalah faktor definisi yang lain.Ukuran Cache onboard bervariasi antara 512kb dan 1 mb. 1mb biasanya lebih mahal tetapi performance lebih baik.Jenis socket menentukan motherboard yang mana dapat digunakan.Biasanya nama socket termasuk jumlah dari pin yang dipunyai processor.jelasnya, socket 939 mempunyai 939 pin.

Dimana hubungannya?

Ada satu masa dimana satu gigaherzt (1 ghz) processor adalah tidak terbayangkan, Tentu, sekarang adalah barang lama.Bagian terpenting sekarang adalah untuk disadari adalah processor dibedakan antara 2.0 dan 4.0 Ghz speed meningkat menjadi kurang penting.Perbedaan performance antar processor high-end adalah merknya, dan low end processor, hal ini tidak jauh berbeda lagi.Pada waktu yang bersamaan , faktor harga juga meningkat sangat tajam , dengan high end processor berharga sekitar 200 hingga 300 dollar lebih.Anda tidak perlu harus membeli processor yang tercepat.Lebih baik anda mencari motherboard dengan spesifikasi terbaru yang ada. andatidak memerlukan processor tercepat untuk bersenang-senang dengan komputer anda.

Intel

Intel sangat menikmati kesuksesan menjadi yang terfavorite dalam perang processor. Didalam komputer bisnis dan  komputer pribadi processor mereka masih menjadi pilihan utama .Walau AMD sekarang menjadi yang terdepan.

Intel menawarkan 3 model dari processor Pentium 4. Model high-end dikenal sebagai Pentium 4 extreme edition.Harganya sangat mahal dan mengharuskan motherboard yang unik pada chipset baru dan socketnya.Model kedua  p4 socket 478, untuk yang satu ini yang saya kira harga dengan performancenya yang paling masuk akal.Model terakhir adalah Intel Ekonomis yang dikenal dengan celeron. Intel selalu menyertakan clock speed pada nama model processor mereka.

AMD

Sebagian orang menyukai minoritas sebagai pilihan , untuk saat ini saya salah satunya.AMD telah membuat processor berkualitas dan dengan harga yang lebih murah dari Intel. Beberapa tahun yang lalu, perbedaan antara AMD dan Intel adalah signifikan. Kemudian, harga yang membuat perbedaan.Produk terbaru AMD Ahtlon 64 menawarkan 64 bit processor sebagai generasi selanjutnya dalam perprocessoran.Tentu, untuk saat ini belum ada program/software yang bertransisi dari 32bit ke 64bit, tapi mungkin tahun depan atau tahun depannya lagi, jadi pemilik Athlon 64 tidak perlu mengupgrade processormereka.Processor terbaru dari AMD adalah Athlon 64 FX , harganya lebih murah sekitar 200$ dibanding intel pentium 4 extreme edition. Untuk model satu tingkat dibawah adalah Athlon 64 yang harganya juga lebih murah dari P4 socket 478.Untuk kelas ekonomisnya adalah AMD Sempron.

Satu hal yang perlu anda catat adalah AMD untuk model processor mereka tidak menggambarkan clock speed mereka yang sebenarnya, anda harus teliti lebih dalam disini.Jelasnya , AMD Athlon 64 4000+ bukan 4.0 Ghz processor, tetapi clock speednya adalah 2.4 Ghz.

Jadi processor mana yang anda inginkan ? Intel memegang gelar sebagai raja,tetapi AMD Athlon 64  dengan cepat menyusul diatas P4.Saya tidak akan merekomendasikan high-end untuk kedua jenis merk, sebab harga yang mahal tidak akan menjamin peningkatan kerja yang signifikan.Terkecuali anda mempunyai uang yang berlebih.Untuk model ekonomi hanya untuk mereka yang tidak begitu serius tentang komputer.Jika anda tidak akan memainkan game ,render model 3D,merekam film/lagu, processor celeron atau sempron adalah sangat murah dan tepat.

Seperti kebanyakan pasaran dimana hanya ada beberapa pesaing, pasar processor lebih homogen didalam harga dan performance.Memilih processor sekarang ini tidak masalah asal memilih komponen yang tepat dan sesuai dengan kegunaannya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: