Beranda > Seputar Handphone > Nokia 5230 Bisnis dan Hiburan ada di ganggaman

Nokia 5230 Bisnis dan Hiburan ada di ganggaman


Nokia 5230 merupakan ponsel nokia yang bersistem operasi Symbian S60 5th edition, biasanya ponsel nokia yang bersistem operasi Symbian S60 5th edition adalah dari Seri N atau Seri XpressMusic, namun Nokia 5230 tidak termasuk di dalam dua kelompok tadi. Tanpa embel embel seri N dan XpressMusic, ponsel ini dipersenjatai dengan sejumlah fitur yang bisa dianggap seimbang untuk berbagai keperluan baik music ataupun bisinis. Mari kita lihat fitur fitur yang terdapat dalam Nokia 5230.

Desain
Seperti yang sudah dibahas diatas Nokia 5230 merupakan ponsel yang bersistem operasi Symbian S60 5th edition. Artinya, ponsel ini menggunakan layar sentuh sebagai control utamanya. Secara tampilan ponsel ini memiliki banyak kesamaan dengan Nokia 5800 XpressMusic dan Nokia 5530 XpressMusic dari mulai tampilan active idle hingga ke menu dan sub menu.

Ponsel ini memiliki layar TFT sentuh resitive dengan 16,7 juta warna dan memiliki resolusi 640×320 piksel (nHD), maka tampilan layar ponsel ini pun sangat menjanjikan. Ukuran layar dari ponsel ini sebesar 3.2 inch, layar ponsel ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan sebuah video.

Nokia 5230 menggunakan jenis layar sentuh resitive, maka ponsel ini dilengkapi dengan jotter, sama halnya dengan Nokia 5530 XpressMusic. Sebuah fitur yang sangat berguna, karena jika kita menggunakan jotter atau stylus berbentuk dongle dan diletakan sebagai gantungan ponsel, hal ini akan memberikan tingkat kenyamanan yang berbeda.

Multimedia
Semua ponsel nokia yang berbasis Symbian S60 5th edition telah dilengkapi dengan fitur multimedia yang super lengkap. Meskipun Nokia 5230 dianggap sebagai ponsel s60 5th Edition yang paling murah namun Nokia 5230 tetapi memiliki fitur multimedia yang lengkap. Seperti biasa Nokia 5230 telah dipersenjatai dengan pemutar music, video, radio dan kamera digital.

Perbedaan dengan ponsel XpressMusic s60 5th edition hanya bersifat konten saja. Sebagai contoh Nokia 5800 XpressMusic membawa sejumlah file music dan video secara default di kartu memori dalam paket penjualan, sedang Nokia 5230 tidak membawa satu track pun.

Beralih kepemutar video, 5230 tetap membawa fitur yang setara dengan Nokia 5530 XpressMusic. Mendukung format MPEG 4 dengan resolusi maksimal nHD (seukuran layar), hingga franerate 30 fps. Namun sayangnya Nokia 5230 tidak memiliki dukungan untuk memaminkan video berformat divx dan Xvid.

Nokia 5230 memiliki kamera 2 megapiksel artinya ukuran foto yang bisa dihasilkan hanya mencapai 1600 x 1200 piksel saja. Sayangnya fitur kamera Nokia 5230 tidak dilengkapi dengan kemampuan autofocus dan lampu flash. Berbeda dengan ponsel nokia s60 5th edition lainnya.

Hasil gambar dari pemotretan di dalam ruangan hasilnya tidaklah memuaskan karena tidak adanya lampu flash. Foto dipenuhi dengan noise. Sementara hasil foto di luar ruangan masih bisa dianggap bagus, standar kamera ponsel.

Konektivitas
Untuk urusan konektivitas Nokia 5230 juga tidak kalah lengkap dengan ponsel Symbian S60 5th edition lainnya. Ponsel ini telah dilengkapi dengan modem HSDPA 3,6 mbps. Bersama Bluetooth dan kabel data, ketiganya menjadi andalan Nokia 5230 dalam melakukan koneksi ke internet dan perangkat lainnya. Namun sayang Nokia 5230 tidak dilengkapi fitur WiFi seperti yang ada pada Nokia 5800 XpressMusic.

Aplikasi
Kita tidak perlu repot untuk mencari aplikasi pelengkap untuk Nokia 5230 karena di internet telah banyak aplikasi Symbian s60 5th edition yang beredar baik yang berbayar maupun yang gratis. Karena hampir semua pengembang software telah banyak memproduksi software untuk Symbian s60 5th edition.

Secara default Nokia 5230 telah terinstall berbagai aplikasi yang menarik seperti, sejumlah aplikasi office dan GPS. Namun yang paling menarik adalah sejumlah fitur online alias Social networking semisal Facebook dan aplikasi chatting.

Hardware
Nokia 5230 dilengkapi dengan prosessor Arm 11 dengan kecepatan 434 MHz. Masih kalah jika dibandingkan beberapa ponsel bisnis Nokia terbaru. Namun sudah cukup mumpuni untuk keperluan music. Dengan dibantu oleh SDRAM 128 Mb rasanya tidak ada masalah untuk urusan kinerja. Sementara untuk masalah daya Nokia 5230 menggunakan baterai Li-ion 1320 mAh (BL-5J). Baterai ini sanggup bertahan hingga dua hari dalam sekali charging.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: