Beranda > Berita Mancanegara > Masjid Tertua di Beijing, Azannya di Halaman Masjid

Masjid Tertua di Beijing, Azannya di Halaman Masjid


Masjid tertua itu terletak di pusat kota Beijing itu yaitu di Niujie, Xuanwu. Taks eperti di Indonesia yang diberi nama, masjid di China hanya disebut nama daerahnya. Maka disebutlah Masjid Niujie. Memang ada beberapa yang punya nama, terutama di komunitas etnik Uyghur di Xinjiang, China bagian barat.

Bangunan masjid yang areal luasnya sekitar 10.000 meter persegi itu tetap mengikuti bentuk dan aristektur China. Dengan aneka motif, ornament, dan warna yang oriental, tentulah masjid itu khas dan indah. Ya mirip kelenteng. Di Indonesia, semirip Masjid Cheng Ho di Surabaya atau di Pandaan, Pasuruan.

Mengunjungi masjid itu sungguh menenangkan hati di tengah penduduka Beijing yang mayoritas nonmuslim. Terleih lagi saat azan dikumandangkan. Muazin tidak berada di depan mihrab, tetapi justru di luar di halaman masjid.

Saat ini kawasan Niujie menjadi permukiman komunitas Muslim, yang berkembang pesat. Banyak rumah makan yang dipastikan hanya menyediakan makanan halal. Banyak juga toko atau supermarket yang sudah pasti menjual produk-produk yang halal.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: