Beranda > Berita Indonesia > Eropa Masih Jadi Favorit Pelajar Indonesia

Eropa Masih Jadi Favorit Pelajar Indonesia


Pelajar Indonesia masih menempatkan negara-negara Eropa sebagai negara tujuan favorit untuk melanjutkan studi. Hingga 2010, lebih dari 2900 pelajar Indonesia melanjutkan studi di berbagai universitas di Eropa. Hal tersebut dikemukakan Direktur Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriadi Rustad, membuka Pameran Pendidikan Eropa di Jakarta Convention Centre.

Supriadi menjelaskan, setiap tahun Kemdikbud memberikan peluang kepada 1.100 tenaga pendidik yang berminat melanjutkan studi ke Eropa. Akan tetapi, untuk tahun 2011, dari jumlah 1.100 tersebut, Kemdikbud hanya memberangkatkan 940 tenaga pendidik ke Eropa.

Eropa masih favorit. Dari semua pelajar yang melanjutkan studi ke Eropa, sebesar 33 persen adalah dosen.

Menurut dia, sebagian besar mereka yang melanjutkan studi di Eropa lebih memilih Inggris dan Jerman sebagai negara tujuan. Kedua negara ini dipilih dinilai memiliki kebijakan-kebijakan yang membuat pelajar Indonesia menjadi tertarik untuk melanjutkan studi di sana.

Misalnya, Inggris, pemerintah negara tersebut memiliki kebijakan para pelajar pendatang mendapatkan kesempatan untuk bekerja penuh selama dua tahun setelah menyelesaikan studinya.

“Untuk Jerman, pendidikan di sana dinilai sesuai dengan kemampuan pelajar kita,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar/Kepala Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei, dan ASEAN, Julian Wilson, mengungkapkan, negara-negara Eropa masih menjadi pilihan utama para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Menurutnya, ribuan pelajar dari Indonesia setiap tahun berdatangan ke berbagai universitas di Eropa, baik itu dengan biaya sendiri maupun mendapatkan beasiswa dari berbagai pendonor.

“Angka resminya ada sekitar 3.000 mahasiswa Indonesia yang memulai studi di Eropa setiap tahun. Dari jumlah tersebut, 1.000 mahasiswa adalah penerima beasiswa dari negara anggota UE.

Iklan
Kategori:Berita Indonesia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: