Beranda > Berita Mancanegara > Investor ingin Yunani dan Italia Segera Pulih

Investor ingin Yunani dan Italia Segera Pulih


Persetujuan paket penghematan anggaran oleh parlemen Italia turut meredakan kecemasan mengenai krisis utang Eropa. Pasar berharap Yunani dan Italia bisa segera pulih dan kembali berbisnis.

Bursa saham Eropa akhir pekan lalu ditutup menguat kecuali Portugal, Iceland, dan Yunani yang dipicu ekspektasi positif investor terhadap perkembangan Italia dan Yunani untuk menemukan jalan penghematan yang bertujuan mengatasi krisis.

Italia juga mengupayakan untuk membentuk pemerintahan baru setelah mantan komisioner Eropa, Matio Monti, memimpin pemerintahan sementara menggantikan Silvio Berlusconi. Dari pasar surat utang, lelang obligasi Italia berjalan sukses.

“Investor juga melihat kemajuan di bidang politik sehingga membantu sentimen positif di bursa,” kata Managing Research Indosurya Securities.

Data AS sebelumnya juga telah mendukung penguatan bursa saham Eropa karena pemulihan ekonomi mulai terlihat hasilnya. Investor juga akhirnya merespon positif kesalahan rating Perancis oleh S&P yang turun menjadi A-.

Kesalahan ini memperlihatkan bahwa ekonomi Perancis masih cukup baik, sehingga ratingnya pun seharusnya tidak turun, meskipun ikut terimbas krisis juga karena porsi di obligasi Yunani cukup besar.

Data ekonomi yang dirilis diantaranya PPI Input (MoM) Inggris di level -0,8 persen dari sebelumnya 1,8 persen. Bursa kawasan Amerika bergerak menguat yang dipicu kenaikan tingkat kepercayaan konsumen AS di atas estimasi.

Di dalam negeri, Reza memperkirakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini akan berada pada support 3.746-3.762 dan resistance 3.798-3.817. IHSG membentuk doji star dimana sebelumnya membentuk candle negatif. Posisi mendekati middle bollinger bands.

MACD bergerak turun, tetapi tertahan dengan histogram negatif yang memendek. RSI, William’s %R, dan Stochastic mendatar di bawah area overbought.

Di akhir pekan lalu, IHSG mengalami koreksi tipis yang memperlihatkan kekuatan daya jual berhasil ditahan oleh kekuatan daya beli. Sentimen positif dari AS dan Eropa untuk sementara diharapkan bisa membawa angin segar agar IHSG bisa menapak di zona hijau.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: