Beranda > Berita IPTEK > Awas Tertipu Foto Palsu di Facebook

Awas Tertipu Foto Palsu di Facebook


Lagi-lagi Facebook dimanfaatkan untuk menyebarkan program jahat ke penggunanya. Serangan ini berawal dari account Facebook yang dibajak.

Lewat akun korban pembajakan itu, pelaku kemudian akan menyebarkan link ke seluruh temannya. Pesan itu seakan-akan mencantumkan sebuah foto, padahal sebenarnya itu bukan foto.

Foto palsu itu jika coba dibuka akan menginfeksi komputer korban dengan berbagai file berbahaya. Menurut pakar keamanan Jovi Umawing dari GFI, termasuk di antaranya adalah spyware ZeuS yang dinilai cukup berbahaya.

Facebook telah bertindak dengan memblokir alamat internet yang melakukan penyebaran trojan itu. Diharapkan ini akan menahan laju penyebarannya ke pengguna Facebook.

Mike Geide, peneliti keamanan dari Zscaler ThreatLabZ Malware mengatakan penyebaran ini adalah cara klasik yang memanfaatkan Facebook dengan baik. “Facebook dibangun agar memudahkan orang untuk berbagai foto dan konten lain — dan orang cenderung percaya jika sebuah pesan datang dari teman mereka,” kata Geide.

Pengguna Facebook diimbau untuk berhati-hati saat menerima pesan di Facebook. Jika memungkinkan, konfirmasi dahulu pesan yang diterima ke teman yang mengirim sebelum membuka file atau dokumen terlampir.

Kategori:Berita IPTEK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: