Beranda > Berita IPTEK > Facebook Messenger Siap Saingi YM dan Live Messenger

Facebook Messenger Siap Saingi YM dan Live Messenger


 Setelah meluncurkan aplikasi Facebook Chat untuk perangkat ponsel pintar, secara diam-diam Facebook kini tengah menguji coba fitur Facebook Messenger berbasis Windows. Aplikasi ini nantinya akan memudahkan pengguna untuk chatting dengan teman Facebook di komputer tanpa perlu membuka browser dan membuka situs Facebook.com.

Seperti dikutip dari TechCrunch, informasi ini “dibocorkan” oleh sebuah blog TechIT di Israel yang memberikan penjelasan mengenai metode chatting dengan beberapa orang di komputer tanpa perlu membuka browser dan situs Facebook. Uji coba ini ternyata sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

Aplikasi ini akan menyasar pengguna Facebook di personal computer (PC) atau laptop. Sementara itu, aplikasi Facebook Chat hanya menyasar kalangan yang memiliki ponsel pintar.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi dari pihak ketiga yang sudah menerapkan fitur seperti ini. Kebanyakan mereka adalah perusahaan layanan penyedia messenger seperti Digsby, Trillian, atau Instant Messenger. Perusahaan tersebut juga bisa terhubung dengan Facebook berkat aplikasi Facebook Chat.

Selain mendukung untuk chatting, aplikasi Facebook Messenger juga dapat digunakan untuk melihat notification, permintaan teman baru, bahkan masih bisa melihat update status ataupun aktivitas teman kita di Facebook. Jika teman tidak sedang online, kita juga bisa memberikan pesan secara offline.

Jika memang bisa diluncurkan, maka fitur ini berpotensi menyaingi Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger.

Saat diuji coba, disebutkan bahwa fitur ini sudah berjalan baik, sama seperti chatting di Facebook. Daftar teman yang online pun juga bisa ditampilkan di bagian bawah. Sementara itu, fitur chatting-nya akan muncul di bagian tersendiri, yang muncul berupa tab-tab teman di bagian bawah.

Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh Facebook dan belum mendapat dukungan dari Microsoft, yang juga menjadi investor besar di Facebook. Belum secara jelas apakah Facebook akan menawarkan aplikasi ini ke Microsoft, termasuk dukungan ke Windows 7 atau mungkin jika berpindah ke Windows 8. Namun, Facebook menjanjikan kalau aplikasi ini berjalan mulus di Windows, maka akan ditawarkan juga ke Mac dan Linux.

Kategori:Berita IPTEK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: