Beranda > Berita Indonesia, Berita IPTEK, Berita Mancanegara, Seputar Handphone, Seputar Komputer Dan Laptop > Kembali ke Index Topik Pilihan Profil Singkat A5X, “Otak” iPad Terbaru

Kembali ke Index Topik Pilihan Profil Singkat A5X, “Otak” iPad Terbaru


Apple telah mengumumkan iPad generasi ketiga yang menggunakan prosesor A5X. Tak banyak yang diungkapkan Apple mengenai “otak” iPad terbaru itu. Salah satu yang jelas disebutkan adalah: mikroprosesor berjenis System on Chip (SoC) ini memiliki empat inti prosesor (quad core) khusus untuk olah grafis.

Prosesor grafis yang meningkat drastis ini dipilih untuk menggenjot kemampuan layar iPad terbaru yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci. Menurut situs Anandtech, A5X memiliki inti prosesor utama Cortex A9 dual core. Hanya saja, sisi grafisnya sekarang menggunakan PowerVR SGX543MP4.

Sedangkan prosesor A5, yang dipakai di iPad 2, menggunakan CPU Cortex A9 dual core yang sama. Hanya saja grafisnya masih PowerVR SGX543MP2. Tak perlu pusing dengan nama teknis itu. Perhatikan saja angka 4 dan angka 2 di belakang nama prosesor grafisnya, yang menunjukkan jumlah core.

Di peluncurannya, Apple sesumbar kemampuan grafis prosesor A5X ini mampu mengalahkan chipset Tegra 3 dari Nvidia hingga 4 kali lebih baik.  Sedangkan secara keseluruhan, A5X disebut dua kali lipat lebih baik dari Nvidia Tegra 3. Tentunya tak disebutkan seperti apa pengujian yang dilakukan.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: