HP Z1Komputer Workstation Beraroma BMW


Hewlett Packard (HP) merilis komputer desktop Workstation Z1. Komputer desktop besutan HP ini mengusung model All-in-One PC dengan “citarasa” sedan mewah BMW. Marketing Development Manager Workstation HP Indonesia, Erric Budiono menjelaskan HP menggandeng BMW Designwork Amerika Serikat untuk mendesain Workstation Z1 agar mirip dengan desain mobil BMW Z4.

“Desktop tersebut didesain sedemikian rupa seperti mobil BMW. Misalnya performa dibuat powerful, tapi suhu tetap dingin dan tidak berisik,” kata Erric saat peluncuran HP Workstation Z1 di PT Tunas Mobilindo Parama, Authorized BMW Dealer. Dari sisi performa, HP Z1 memiliki keunggulan dengan sifatnya yang “Hybrid”. Artinya kompuer ini bisa memakai prosesor Intel Quad Core Xeon, namun juga bisa memakai Intel Core i3.

Dengan fitur “Hybrid” tersebut, workstation bisa dikonfigurasi menjadi PC biasa atau sekaligus menjadi server PC.  Di sisi grafis, workstation tersebut bisa memakai kartu grafis Intel HD 2000 atau Intel HD 3000. Bila memerlukan performa lebih tinggi, HP telah menyediakan kartu grafis NVIDIA Quadro.

“Kartu grafis tersebut akan sangat cocok bagi animator atau pembuat film, industri musik, otomotif, arsitektur maupun pertambangan. Grafisnya memberikan warna yang bagus sesuai aslinya,” tambahnya. Di sisi layar, monitornya memakai ukuran diagonal 27 inci dan mendukung lebih dari 1 miliar warna display LED. Sehingga akan memberikan sudut pandang yang luas 178 derajat serta panel in plane switching (IPS).

Audionya mengadopsi speaker front facing dual core dan SRS Premium Sound. Sehingga menawarkan kejernihan tata suara. Fitur lain adalah tool-less chassis. Sehingga pengguna bisa dengan mudah menambahkan hard drive, kapasitas memori ataupun kartu grafis. Pengguna pun hanya langsung membuka chassis untuk mengeluarkan komponen yang diinginkan.

Kapasitas penyimpanan storage pun bisa dipilih antara hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD). Perangkat ini juga disertakan slot optical drive untuk Blu-ray Writer.  “Perangkat ini sudah dijual di pasar mulai bulan ini dan dibanderol mulai harga 2.000 dollar AS,” jelasnya.

Tiga varian lain

Selain merilis Z1, HP juga merilis 3 seri Workstation yaitu seri HP Z820, Z620 dan Z420. Seri tersebut merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yaitu Z800, Z600 dan Z400 dan telah diluncurkan pada 2009 lalu.  HP Z820 mampu dipasangkan hingga 16 buah prosesor inti, memiliki ECC memory dengan kapasitas hingga 520GB, kapasitas hard disk hingga 14TB dan kartu grafis NVIDIA Quadro 6000.

Sementara, HP Z620  telah mendukung penggunaan 16 buah prosesor inti, memori ECC hingga 96GB, storage hingga 11TB. Serta bisa dipasangkan dengan kartu grafis profesional 2D dan 3D Nvidia Quadro 6000 atau dual Nvidia Quadro 5000. Sedangkan, HP Z420 memiliki kemampuan agak lebih rendah dibanding dua workstation di atas. Komputer ini bisa dipasangkan dengan 6 buah prosesor inti terbaru Intel Xeon E5-1600 dan E5-2600, memori ECC 64GB, storage 11TB, serta kartu grafis Nvidia Quadro 5000 atau dual Nvidia Quadro 2000. “Perangkat ini ideal untuk profesional di industri perminyakan dan gas, untuk aplikasi menggunakan computer-aided design (CAD) bagi para insinyur mesin, kedokteran, serta untuk membuat video animasi,”. Perangkat tersebut dibanderol mulai seharga 1.500 dollar AS (Z420), 2.000 dollar AS (Z620) dan 3.000 dollar AS (Z820).

Iklan
  1. 13 Mei 2013 pukul 16.55

    Have you ever considered writing an e-book or guest authoring on other blogs?
    I have a blog centered on the same ideas you discuss and would love to have you share some stories/information.
    I know my viewers would enjoy your work. If you’re even remotely interested, feel free to send me an e mail.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: