Tablet Windows 8 Tak Bisa Dijual Murah


Asa vendor-vendor tablet Windows 8 untuk bersaing dengan tablet Android atau Apple iPad sepertinya akan terhambat. Microsoft sebagai produsen Windows 8-lah yang menjadi kambing hitamnya.

Seperti yang dikutip dari The Next Web, Microsoft mematok harga cukup tinggi untuk sistem operasi Windows 8 yang rencananya akan digunakan di perangkat tablet. Harga Windows 8 khusus perangkat tablet akan dibanderol pada kisaran 90-100 dollar AS, atau hampir 1 juta rupiah.

Ini membuat para produsen  original equipment manufacturer (OEM) mengalami kesulitan memenuhi target harga 300-350 dollar AS atau 2,7-3,2 juta rupiah untuk tablet Windows 8  Runtime (RT) berukuran 10 inci dan  150-200 dollar AS atau 1,4-1,8 juta rupiah untuk tablet 7 inci.

Windows 8 RT adalah versi Windows 8 yang ditujukan untuk perangkat tablet berbasis ARM dengan antarmuka layar sentuh. Pada komputer desktop atau laptop, harga software sistem operasi Windows jarang dipermasalahkan karena biasanya hanya sepersekian dari total harga yang dibayar oleh konsumen.  Di perangkat tablet, persentase perbandingan harga software dan perangkat hardware dalam kasus Windows 8 ini menjadi lebih besar.

Bila Microsoft menggratiskan Windows 8 RT, harga tablet 7 inci yang didesain untuk Windows 8 dapat ditekan hingga bisa bersaing dengan tablet Kindle Fire bikinan Amazon, yang dibanderol seharga  200 dollar  AS atau kurang dari 2 juta rupiah. Pasaran tablet sendiri belakangan menunjukkan tren penurunan harga, yang antara lain dipicu oleh iPad 2 seharga  399 dollar  AS dari Apple. Para pembuat tablet Windows 8 harus menekan harga agar produknya bisa kompetitif.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: