BlackBerry 10 Diprediksi Pudar Sebelum Menyebar


Sistem operasi dan perangkat BlackBerry 10 baru akan dirilis Research In Motion (RIM) pada awal 2013. Analis James Faucette dari lembaga riset Pacific Crest memprediksi, pesona BlackBerry 10 akan hilang sebelum RIM merilisnya.


Faucette melanjutkan, RIM akan berjuang keras merayu konsumen untuk mau membeli perangkat BlackBerry 10 dengan tampilan antarmuka yang berbeda, teknologi yang kurang kompatibel, dan minimnya jumlah aplikasi.

BlackBerry 10 merupakan sistem operasi harapan RIM, untuk bersaing dengan Apple iOS, Google Android, dan Microsoft Windows Phone. Saat ini, BlackBerry 10 sedang diuji coba oleh 50 perusahaan operator seluler di beberapa negara, termasuk Indonesia. Pada pertengahan Oktober, CEO RIM Thorsten Heins bersama petinggi lainnya mengunjungi Indonesia untuk menjalin kerjasama dengan operator seluler.

Mulanya, perusahaan asal Kanada ini menunda peluncuran BlackBerry 10 pada akhir 2012. Setelah itu RIM mengumumkan penundaan lagi hingga awal 2013. Penundaan ini memberi ruang bagi Apple dan Android untuk semakin mendominasi pasar ponsel pintar global. Pada November 2011, analis Ian Fogg dari lembaga riset IHS pernah mengatakan, RIM punya rekam jejak sering mengundur tanggal peluncuran produk mereka. “Itu bukan pertanda baik. Kita akan melihat penurunan secara perlahan,” ungkap Fogg memperingati RIM.

Di Indonesia sendiri, BlackBerry mulai kalah pamor dengan Android. Menurut data lembaga riset IDC, Android berhasil meraih 52% pangsa pasar sistem operasi mobile di Indonesia pada kuartal 2 tahun 2012. Kendati demikian, RIM terus berusaha membangun ekosistem BlackBerry di Indonesia. RIM termasuk produsen ponsel pintar yang rajin menggelar kompetisi pembuatan aplikasi dan menjalin hubungan baik dengan pengembang aplikasi lokal.

Iklan
  1. 9 November 2012 pukul 00.44

    saya kira blackberry 10 ngga akan bisa bersaing sama I-Phone apalagi android kalau masih ngga jauh beda dengan BB sebelumnya mas.. sekarang lebih enak pakai android =D

    • 15 November 2012 pukul 06.08

      iya mas, punya PIN doank BB itu mas…
      tapi masalah aplikasinya enakan pake android…
      😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: